Wednesday, November 16, 2016

Pengertian dan Kegunaan Blog



Apasih blog itu ?
Pertanyaan ini mungkin sering kita dengar dari orang-orang yang belum paham. (yaiyalah, kalo udah paham ngapain nanya lagi). Kalau menurut saya blog itu adalah salah satu jenis website yang berisi catatan harian si penulis, informasi yang diberikan si penulis, bisa juga untuk bisnis, berbagi pendapat atau opini, dan lain lain. Pokoknya si pemilik blog bebas membuat isi konten blog nya sesuai kemampuan dan pengetahuannya. Namun isi blog juga tidak boleh sembarang share. Usahakan konten yang diberikan berisi konten yang mendidik dan memiliki tingkat kebenaran yang standar. Jika tidak bisa menimbulkan perdebatan yang tidak perlu antara penulis dan pembaca dan hanya akan buang-buang waktu saja.

Apa gunanya ngeblog ?
Kalau dipandang oleh orang-orang yang belum mengerti mengenai internet atau lebih spesifik lagi mengenai blog, pasti beranggapan "apa untungnya ngeblog? capek ngetik, capek mikir dan sebagainyalah." Namun, perlu kita ketahui ngeblog menurut saya punya banyak keuntungan.

pertama, dengan ngeblog kita bisa berbagi informasi yang kita punya kepada orang lain. Kalau seorang yang benar-benar tulus menulis artikel, pasti akan memiliki kebanggaan tersendiri jika artikel yang dia buat disukai dan bermanfaat bagi orang lain. Betapa senangnya seorang blogger jika artikel mereka dibaca, disukai dan bermanfaat.

kedua, dengan ngeblog, kita bisa menjadi penulis yang lumayanlah atau bahkan menjadi penulis yang handal. 

kok bisa gitu ?
Ngeblog bisa membuat kita secara tidak sadar ingin memperbaiki kualitas menulis kita. dilatarbelakangi supaya pengunjung banyak. 

kenapa itu menjadi latar belakangnya? 

Semua blogger tentu ingin punya pembaca yang banyak. Pembaca blog pasti mencari informasi yang disusun dengan kalimat yang baik dan tidak berantakan. coba bayangkan jika tulisan blog asal jadi, kesan pembaca pasti buruk. Pembaca tidak akan mau membaca artikel yang lainnya dari blog tersebut, atau bahkan dia tidak mau berkunjung ke blog itu lagi. Jadi secara berangsur angsur, seorang penulis blog akan belajar membuat sebuah tulisan (artikel) yang baik dan benar.

ketiga, ngeblog membuat kita belajar.

apa maksudnya ?

misalnya gini, anggaplah isi konten kita adalah tentang komputer. biar bagaimanapun, kita juga pasti membaca sana sini tentang komputer, mencari informasi tentang komputer. Kita tentu mempelajari segala sesuatu tentang komputer yang akan kita posting. Nah, jadi, sambil kita menulis, kita juga sambil belajar dan mendapat pengetahuan tambahan.

keempat, sumber penghasilan. Pasti ini sudah tidak perlu dijelaskan. Kita pasti sudah tau tentang bisnis online dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.