Friday, February 17, 2017

Pilih Game Bajakan atau Game Original


Selamat datang kembali di blog ini. Pada postingan kali ini, aku mau membahas tentang game, yaitu perbandingan antara game bajakan dan game original (asli). Memang kita masih cenderung lebih memilih dan menggunakan barang bajakan termasuk dalam hal game. Mengapa demikian ?

Itu karena satu hal. Apa itu ? itu adalah masalah harga. Oke, kembali ke topik. Game-game bajakan memang sangat mudah ditemukan di toko-toko penjual cd game dengan koleksi lengkap dan harga yang terjangkau, memicu banyaknya orang yang lebih memilih membeli itu daripada original. Bahkan banyak website yang menyediakan download software dan game bajakan gratis. Memang aku sendiri sangat menyukainya. Tapi bukan itu yang akan aku bicarakan sekarang. Sekarang aku mau membicarakan perbandingan antara game bajakan dan game original (asli). Langsung saja kita simak pembahasannya.

1. Hal yang paling pertama dan paling mendalam adalah harga. Kalau diperhatikan, harga game original memang jauh lebih mahal daripada game bajakan yang bahkan gratis. Ini memang tidak bisa dipungkiri karena memang inilah perbedaan yang sangat mencolok.

2. Hal berikutnya, ada beberapa game original yang bisa dimainkan secara online atau multiplayer. Kita bisa lihat seperti game GTA, Assassins Creed, dan kawan-kawannya. Game bajakan tentunya tidak mendapatkan fasilitas ini. Pengguna game bajakan hanya dapat bermain offline atau single player (jomblo mode).

3. Kemudian dari segi cara mendapatkan gamenya. Game bajakan cenderung rumit dalam hal mendownloadnya. Mulai dari di hubungkan ke website lain, kemudian iklan yang ada dimana-mana, dan sebagainya. Hal itu tidak akan kalian temukan di game original karena kalian bisa membeli dan mendownload gamenya melalui steam, uplay, origin dan lainnya, yang dimana proses downloadnya tidak rumit, tidak di link ke website lain, tidak ada iklan dan lain sebagainya.

4. Masalah belum selesai ketika selesai setelah mendownload. Game original lebih mudah diinstall dan bahkan selesai di download bisa langsung main. Game bajakan terkadang rumit saat menginstallnya dimana ada berbagai macam settingan, kemudian copy paste crack dan belum terkadang gamenya error. Hal ini yang paling membuat kesal.

5. Terakhir adalah masalah keamanan. Kita semua pasti sudah tau tentang ini. Game bajakan tentunya akan tidak terjamin bebas virus. Kecuali memang sudah dibuktikan oleh distributornya. Terkadang crack-crack yang digunakan memiliki berbagai macam virus komputer yang mengakibatkan kerusakan pada pc kita. Sedangakan game original bebas virus dan aman untuk pc.

Jadi, itulah beberapa perbedaan game bajakan dan game original yang dapat aku sampaikan. Seperti biasa dipenghujung post, aku mengucapkan terimakasih telah berkunjung ke blog ini, semoga informasi yang aku sampaikan bermanfaat dan membantu teman-teman sekalian. Tetap bantu dan dukung blog ini agar menjadi lebih baik lagi dengan cara berikan komentar setelah membaca setiap post di blog ini dan jika menarik dan bermanfaat silahkan share. Jika ingin copas, sertakan sumber. Sekian dan terimakasih.
,

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.